Jumat, 15 Januari 2010

Kampus Dan Rangkuman Materi Bahasa Indonesia

Antara kampus dan pekerjaan yah, 11:12 lah. Dalam hal memanage waktunya tentu juga harus bisa dikelola dengan baik dan terpenting mana yang harus prioritas. Dalam perkuliah di dapat MK Bahasa Indonesia, tentunya kita orang Indonesia yang di tuntut berbahasa yang baik dan benar, tetapi realita yang sering terjadi masih banyak pengguna bahasa yang notabene-nya asli Indonesia belum menguasainya. Mungkin untuk tujuan itu juga adanya Mata Kuliah untuk Bahasa Indonesia. Dalam ulasan mata kuliah ini yang sering kali saya telat dan berterus terang di sini untuk memenuhi Tugas rangkuman materi.

Pada kesempatan pertama pertemuan bertemu dengan dosen Ibu Rosi Rosidah, yang memberikan materi minggu pertama ~Tujuan Mempelajari Bahasa Indonesia~ lalu beliau mejelaskan secara umum apa saja tujuannya, dan adpun tujuannya adalah:
- Menumbuhkan sikap bahasa yang positif terhadap bahasa Indonesia
- Kebanggan terhadap bangsa Indonesia
- Kesetiaan akan bahasa Indonesia
- Kesadaran akan adanya norma dalam berbahasa
Dalam tujuan diatas khususnya adalah menjadikan bahasa indonesia sebagai bahasa nasinal yang di banggakan dan di junjung dengan sikap yang positif, dan tutur kata yang sopan. Sesorang bisa di lihat karakternya atau tingkat intelektualnya dari gaya bicaranya dengan penyusunan kata kata menjadi suatu bahasa yang sopan dan dapat di mengerti secara luas. Sebab itu seorang harus mengerti aspek aspek apa saja yang di perlukan dalam penguasaan bahasa indonesia, di antaranya adalah:
- Fonologi : Ilmu yang mempelajari tentang bunyi bahasa
- Morfologi : Ilmu yang mempelajari tentang bentuk kata
- Sintaksis : Ilmu yang mempelajari kaidah penyusunan kata
- Semantik : Ilmu yang mempelajari makna kata,
Banyak aspek yang tentunya harus di pelajari dan dimengerti dalam kaitannya berbahasa indonesia, yang menjadi awal untuk mempelajari bahasa indonesia itu sendiri. Baik pelantunan dan penulisan tentunya menjadi perbedaan dalam pengertian, pembahasan dan pembelajarannya. kalau dari segi tulisan ada yang di kenal dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), yang aspek aspeknya tersusun dan di jelaskan, dalam bahasan sebagai berikut :
- penggunaan huruf baik huruf abjad, vocal, konsonan, pemenggalan nama diri.
- Penulisan huruf bisa berbentuk huruf capital ataupun huruf miring,
- Penulisan kata terdiri dari kata dasar, kata jadian, kata ulang, gabungan kata depan (di, ke, dan, dari), partikel (lah, kah dan pun), kata ganti (ku, kau, mud an nya), singkatan dan akronim, angka dan lambang bilangan, kata sandang (si dan sang)
Contoh :
1. Belilah 1 kg gula, 1o cm pita dan kwitansinya a.n saya
Lah dalam kata beli merupakan penulisan kata partikel
Kg dan cm (angka dan lambang bilangan)
a.n merupakan singkatan dari atas nama
2. Setiap Gubernur harus menghadiri acara itu tapi karena sakit maka diwakili oleh wakilnya
Gubernur huruf awalnya harus ditulis dengan huruf besar
3. Dia telah lulus dengan predikat cumlaude
- Penulisan unsure serapan
- Penggunaan tanda baca
Diksi : Ketetapan (makna), kesesuaian.
Sinonim, homofon, makna denotasi dan konotasi, kata abstrak, kata konkret, kata umum, kata khusus, kata popular, kata kajian, perubahan makna, jargon (kata sandi), slang, kata-kata untuk percakapan, kata asing, kata serapan, kata-kata baru, makna kata dalam kalimat.
Peribahasa : Majas, idiom dan idiomatika
Contoh : gulung tikar, adu domba, kabar angin = idiom
Sehubungan dengan, terdiri atas, dibacakan oleh, tergantung pada = idiomatika
Bahasan yang terakhir yaitu mengenai kalimat efektif yang dapat dilihat keefektifannya dengan melihat pada :
- Kesatuan dan kepaduan (koherensi)
- Keparalelan
- Ketepatan
- Kehematan
- Kelogisan
Demikianlah ringkasan yang sekiranya dapat menjadi sebuah tulisan yang mengandung tafsiran dalam pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia yang di dapat, walaupun tulisan di atas tidak sepenuhnya dilontarkan oleh ingatan saya, ada beberapa hal yang saya sadur terkait dengan catatan yang di berikan. Semoga penerapan dalam tulisan maupun tutur kata dalam berbahasa indonesia lebih baik lagi dengan selalu mempelajarinya.

Wasalam,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar